Selasa, 27 Desember 2011

Penyeksian Buku Kerja

Peyeleksian buku kerja

nama : YOGIANTO
Mata Kuliah : Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia
Smt / Kelas : III / E
Dosen Pengampu : Arni Wijaya, S.Pd

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
( STKIP ) MUHAMMADIYAH PAGARALAM
TAHUN AKADEMIK 2011 – 2012



KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini yang berjudul " Penyeleksian Buku Kerja " tepat pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Pagaralam, Desember 2011


Kelompok :



DAFTAR ISI

Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii

BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN 2
2.1 Pengertian Buku Kerja 2
2.2 Penyeleksian Buku Kerja 2
BAB III PENUTUP 7
3.1 Kesimpulan 7
3.2 Saran 7
Daftar Pustaka 8


BAB I
PENDAHULUN
1.1 Latar Belakang
Buku kerja dirancangdan disusun oleh penyusun yang ahli dibidangnya sebagai pendamping dan pelengkap buku teks. Para guru menggunakan buku tersebut sebagai pendamping buku teks dalam mata pelajaran yang mereka pegang. Siswa mengerjakan segala tugas dan pelatihan dan praktik yang diprogramkan dalam buku kerja untuk menambah pemahaman mengenai teori – teori tertentu dan sekali gusmenumbuhkan keterampilan – keterampilan tertentu dalam mata pelajaran yang relevan.
Dari segi ini, kita sudah mengetahui bahwa buku kerja sebagian besar berisi tugas – tugas dapat berupa pelatihan, praktik, atau pertanyaan – pertanyaan. ada juga bahan yang tersirat, namun hanya sebagai bahan pelengkap. Bagi siswa buku kerja benar – benar tempat berlatih. Bagi guru buku kerja dapat digunakan sebagai alat pengontrol tingkat atau tahaf hasil belajar siswa.
Sebagai mana buku pokok dan buku pada umumnya, buku kerjapun tidak luput dari penyeksian guna mecari buku yang efektif dan efesien.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana cara melakukan penyeksian buku kerja ?
2. Jelaskan bagaimana langkah peyeksian buku kerja ?

1.3 Tujuan
Tujuan Pembuatan makalah ini untuk mengetahui dan memahami cara penyeksian buku kerja dalam penerapanya dalam meyeksi suatu buku.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Buku Kerja
Buku kerja merupakan buku pelatihan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui apakah siswa sudah mengetahui, memahami, dan mengusai bahan pelajaran yang disajikan dalam buku teks atau belum.
Buku kerja adalah pasangan, pembantu, pelengkap, atau suplemen buku pokok atau buku utama.

2.2 Penyeleksian Buku Kerja
Guru yang profesional bila ditugasi untuk mengajar suatu mata pelajaran, diantara sejumlah persiapan yang dilaksanakan guru tersebut ialah pemilihan dan penggunaan sejumlah buku. Misalnya buku teks, buku pegangan guru, dan bebebrapa pegangan buku acuan yang relevan dengan mata pelajarannya.
Buku teks meliputi dua buah yakni buku pokok dan buku kerja. Tugas buku kerja adalah melengkapi bahan dan tempat berlatih para siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah disajikan dalam buku pokok. Sebagai buku pelengkap, buku kerja benar – benar harus dapat menunjang buku pokok dan secara tidak langsung menunjang pelaksaan kurikulum.
Jadi, Guru yang bertugas dilapangan disamping menggunakan buku pokok, buku pegangan guru, dan buku buku acuan lainnya harus juga menggunakan buku kerja. Oleh karena itu sorang guru harus pula mengetahui memahami dan mengusai teknik- teknik pemilihan buku.
Greene dan Petty sudah meyusun atau mengedentifikasikan sejumlah pertanyaan yang membimbing guru kearah pemilihan buku, dalam hal ini khususnya buku kerja. Melalui jawaban pertanyaan-pertanyaan itu, guru diharapkan dapat merumusukan dapat memutuskan atau menentukan apakah suatu buku kerja panatas dugunakan atau tidak.
Pertanyaan-pertanyaan yang berfungsi membimbing para guru dalam pemilihan buku kerja adadalah sebagai berikut.
1. Apakah tipe bahan ini dapat menunjang dan memperkuat tujuan-tujuan program ?
2. Apakah isinya disusun untuk membentu para siswa mencari tujuan ?
3. Apakah buku kerja ini menarik minat para siswa yang memakainya ?
4. Apakah buku kerja ini benar-benar disusun dan dirancang secara aktraktif ?
5. Apakah buku kerja ini menambah serta memperkaya kegiatan kelas ?
6. Apakah para siswa akan memperoleh perasaan berhasil dengan memakai buku ini ?
7. Apakah pelatihan-pelatihan dalam buku kerja ini bervariasi dan mengandung motivasi yang baik ?
8. Apakah bahan buku kerja ini menggunakan prinsip-prinsip belajar yang logis dan masuk akal ?
9. Apakah kosa kata dalam buku kerja ini sesuai dengan bagi para siswa yang memakainya ?
10. Apakah pengarahan-pengarahan dalam buku kerja ini cukup sederhana, jelas, dan singkat untuk membuatpara siswa dapat bekerja mandiri ?
11. Apakah materi dalam buku kerja ini menyediakan pelatihan-pelatihan yang beraneka ragam yang diperlukan kebanyakan siswa ?
12. Apakah buku kerja ini meyajikan bahan yang cocok berdasarkan tingkat kesukaran ?
13. Apakah buku kerja ini berisi materi yang mampu merangsang ekspresi tertulis selain dari pada secara mekanis ?
14. Apakah buku kerja itu meyatakan bahwa pelaku yang wajar diberikan pada penemuan-penemuan ilmiah dalam pemilihan bahan ?
15. Apakah buku kerja ini terbuka bagi kritik dan resensi ?
16. Apakah buku kerja itu merangsang penilaian-penilaian bagi para siswa ?
17. Apakah buku kerja itu mengandung inventarisasi, pemeriksaan yang sesuai dan mengusai bahan ujian bagi bimbingan para siswa ?
18. Dapatkah materi dalam buku kerja itu disekor atau dihitung dengan objektif dan cepat untuk menghemat waktu para guru buat persiapan bagi kegiatan-kegiatan belajar penting lainya buat para siswa ?
19. Apakah biaya / harga buku kerja itu pantas / murah sehingga tejangakau oleh para pemakainya.

Pertanyaan-Pertanyaan yang mengacu kepada objek yang sama disatukan dalam kelompok. Pemilihan menhhasilakan sebagai berikut :
1. Tujuan : 1 dan 2
2. Bahan 8 , 11, 12, 13, dan 14
3. Motode : 5, 7, dan 10
4. Evaluasi : 15, 17, dan 18
5. Siswa : 3, 4, 6, 7, 9, 16, dan 19

Dari segi tujuan pengajaran, buku kerja haur menunjang dan memperkuat tujuan program serta buku kerja harus dapat memebantu siswa untuk mencapai tujuan pengajaran.
Mengenai bahan yang terkandung dalam buku kerja harus memenuhi beberapakereteria. kreteria-kreteria itu antara lain :
a. bahan tersusun logis dan sistematis
b. bahan menyediakan pelatihan yang bervariasi
c. bahan sesui dengan kemajuan siswa
d. bahan merangsang
e. bahan up date

Dari segi metode, kita lihat buku kerja haruslah :
a. memperkaya kegiatan kelas
b. berisi pelatihan yang bervariasi
c. pengarahan, intruksi yang jelas dan mudah dipahami
d. petihan disamping beraneka ragam rarus pula memenuhi segi-segi perbedaan individu

Evaluasi yang termuat dalam buku kerja haruslah :
a. Terbuka untuk dinilai dan diresensi
b. Mempunyai cara untuk dinilai penguasaan oleh siswa
c. Mempunyai cara penilaian sederhana dan praktis serta mudah dihitung dan dikerjakan
d. Merangsang penilaian pribadi siswa
Yang berkaitan dengan siswa buku kerja dituntut untuk :
a. Menarik
b. Atraktif
c. Menambah keyakinan berhasil siswa
d. Pelatihan memotivasi
e. Kosa kata sesuai dengan siswa
f. Merangsang penilaian pribadi siswa
g. Baiaya tidak memebratkan siswa

Setelah memahami uraian-uraian diatas, kita dapat meyusun suatu kreteria pemilihan atau penyeleksian suatu buku kerja. Kreteria penyeksian buku kerja meliputi :
1. Tujuan
2. Bahan
3. Metode
4. Evaluasi
5. Siswa

2.3 Prinsip – prinsip penggunaan buku kerja untuk guru yang ingin sukses dalam penggunaan buku kerja

1. Sebelum menggunakan suatu bahan pelatihan tambahan, guru harus menentukan benar apa yang ingin diselesaikan dan kemudian merencanakan pengajaranya sehingga bahan itu dapat dipakai menolong pencapaian tujuan
2. Buku kerja atau bahan pelatihan laian yang dipilih itu, harus dinilai berdasarkan kreteria-kreteria yang telah ditetapkan
3. Setiap pelatihan praktik dan tes dalam buku kerja haruslah dipriksa secepat mungkin lebih baik lagi bila setiap siswa dapat memeriksa miliknya sendiri
4. Tugas-tugas dan pelatihan- pelatihan memang penting dalam menolong para siswa untuk memperoleh keterampilan-keterampilan yang diperlukan yang belum perna dikembangkannya
5. Selama perbedaan-perbedaan pribadi yang besar dalam kemampuan-kemampuan dan keperluan-keperluan yang terdapat dalam kelas, tidak dibenarkan untuk merancang pelatihan dan pelajaran buku kerja yang sama bagi semua siswa, kecuali kalau benar-benar diperlukan semuanya.
6. Selama pengusaan sesuatu keterampilan yang adekuat dan permanen tidak dapat diharapkan dari suatu pelajaran, penilaian saksama dan pelatihan disebar secara pantas harus diakan kalau sang guru ingin akan program belajar mengajar menjadi efektif dan menghasilkan yang diinginkan.
7. Pengusaan suatu pelajaran atau tugas pelatihan yang dipilih secara cermat dari buku kerja sama sekali tidaklah berarti menutup atau melepaskan tanggung jawab guru
8. Minat siswa terhadap nilai-nilai potensial buku kerja dan bahan pelatihan mungkin ditimbulakan oleh suatu penjelasan, diskusi dan demonstrasi yang jelas dan terbuka dari sutu contoh pelajaran yang sederhana.
9. Sebagai tambahan terhadap pelatihan- pelatihan dasar
10. Daya dan upaya mengindividualisasikan pengunaan buku-buku kerja dalam kelas keterampilan berbahasa.






BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Buku kerja merupakan buku pelatihan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui apakah siswa sudah mengetahui, memahami, dan mengusai bahan pelajaran yang disajikan dalam buku tek atau belum.
Guru yang profesional bila ditugasi untuk mengajar suatu mata pelajaran, diantara sejumlah persiapan yang dilaksanakan guru tersebut ialah pemilihan dan penggunaan sejumlah buku. Misalnya buku teks, buku pegangan guru, dan bebebrapa pegangan buku acuan yang relevan dengan mata pelajarannya.
Buku teks meliputi dua buah yakni buku pokok dan buku kerja. Kreteria penyeksian buku kerja adalah Tujuan , Bahan , Metode, Evaluasi , Siswa

3.2 Saran
Disarankan kepada seluruh mahasiswa dapat memilih dan meyeleksi buku kerja sehingga dapat memahami apa itu buku kerja. Dan dapat menentukan buku kerja yang berkualiatas atau tidak, jika nenggunakan buku kerja dalam belajar mengajar.

DAFTAR PUSTAKA
Terigan Hery Guntur, 2009, Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Penerbit Angkasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar